Home » , , » Tentang Serat Spandex

Tentang Serat Spandex

serat spandex
ilustrasi strukture poliuretan
Tentang Serat Spandex - Serat spandex ini juga sering disebut dengan serat elastomer atau serat poliuretan, Serat ini memiliki sifat yang sangat khas dibandingakan dengan serat lainnya yaitu memiliki sifat elastisitas yang tinggi, bisa mencapai 200%, dengan kata lain serat ini bisa memperpanjang dirinya tentunya dengan tekanan sampai 2x lipat panjangnya sebelumnya dan kembali lagi ke hampir panjang normal setelah tekanan atau beban di hilangkan. Serat spandex ini berasal dari polimer poliuretan, dimana poliuretan dibuat dari pereaksian antara bahan kimia butanadiol dengan heksametilena diisosianat sehingga membentuk polimer poliuretan yang memiliki sifat yang khas.

Sifat serat spandex

Serat spandex sangat mirif dengan serat karet alam hanya berbeda dari warna dimana serat spandex berwarna putih dan dapat dengan mudah di celup serta tahan terhadap minyak begitu sebaliknya dengan serat karet alam. Jika dibandingkan dengan sifat elastisitas antara serat spandex dengan serat karet alam, serta karet alam lebih unggul dibandingkan dengan serat spandex dimana serat karet bisa kembali ke panjang awal hingga 100% setelah di tarik 50% bahkan 100% sedangkan untuk serat spandex tidak bisa sesempurna seperti serat karet alam, dia akan kembali ke panjangnya semula sekitar 93% setelah di tarik 50%.

Berikut ini karakteristik dari serat spandex :

Daya serap
Serat spandex bersifat hidrofob dengan moisture regain sebesar 0.5 sampai denngan 1.5 %

Sifat terhadap panas
Serat spandex mampu tahan terhadap panas hingga 180 derajat celcius dan akan meleh pada suhu 230 derajat celcius

Elastisitas
Seperti di singgung di atas sifat serat spandex memiliki elastisitas sangat baik dapat di tarik hingga 500%

Sifat terhadap bahan kimia
Serat spandex ini akan tahan pada setiap bahan kimia terkecuali hipoklorit akan menyebabkan kuning

Sifat terhadap pembakaran
Sifat terhadap pembakaran bersifat tidak mudah terbakar dan tidak meneruskan pembakaran

Stabilitas dimensi sangat baik dapat di cuci berulang kali tanpa mengkerut

Kekuatan
1.2 – 2 g/denier, dalam keadaan basah tidak
terlalu jauh berbeda

Mulur
400- 600%

Morfologi serat spandex

Bentuk morfologi pengamatan di bawah miksoskop menunjukan serat spandex mempunyai bentuk penampang memanjang silinder lurus dan penampang melintang berbentuk tulang anjing, ketika di buat benang, permukaan antar serat cenderung menempel satu sama lainnya.
 
serat spandex
kiri-kanan, penampang memanjang dan melintang

Penggunaan serat spandex
Aplikasi serat spandex pada kenyatannya tidak terlalu banyak, tetapi memiliki peranan yang penting, contoh pengaplikasian dalam dunia tektil adalah pembuatan pakaian dalam, kaos kaki, ikat pinggang atau digunakan “ corn yard” yaitu pencampuran serta lain, dimana serta spandex ada di bagian dalam dan bagian luar adalah serat lain yang tentunya memiliki perbedaan sifat.
Thanks for reading Tentang Serat Spandex

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »