Home » , , » Tentang Serat Rami

Tentang Serat Rami

Boehmeria Nivea
sumber gambar :http://www.plantsystematics.org
Serat Rami - Serat ini merupakan serat alam yang berasal dari batang tanaman Boehmeria Nivea atau sering disebut dengan tanaman rami. Pohon rami memiliki batang yang tinggi, kecil dan lurus dengan tinggi batang sekitar  1 meter - 2,5 meter dengan diameter sekitar 1,25 cm - 2 cm, tanaman ini bukan merupakan tanaman musiman, tanaman rami dapat di panen berkali-kali, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan cuaca hangat dan lembab seperti daerah tropik maupun subtropik dengan curah hujan lebih dari 9- 10 cm/bulan yang merata sepanjang tahun. 

Serat rami merupakan serat yang mempunyai morfologi paling putih dibanding kan dengan serat -serat batang lainnya. Hal ini karena kandungan lignin dalam rami paling sedikit diantara serat serat batang lainnya. serat rami diambil dari batang tanaman rami setelah terlebih dahulu mengalami proses pemisahan serat dari batang yang disebut dengan proses dekortisasi. Proses dekortisasi adalah memukul mukul batang tanaman dengan pemukul kayu sehingga serat mudah dipisahkan dari batang tanaman selanjutnya serat dipisahkan dari batang tanaman dengan dikerok memakai pisau tumpul.
Komposisi serat rami Selulosa 75%, Hemi selulosa 16%, Pektin 2 %, Lignin 0,7 %, Lilin dan Lemak 0,3 %, dan Zat terlarut dalam air 6 %.

Sifat serat rami

Rami merupakan serat batang yang memiliki susunan molekul selulosa sehingga sifat-sefat rami mirip dengan sifat serat selulosa yang lainnya. serat rami rusak dalam asam sulfat 70% dan menggelembung dalam larutan alkali. Morfologi serat rami mirip dengan serat kapas dengan ukuran  lumen yang lebih besar daripada serat kapas, tetapi penampang memanjang serat rami tidak terdapat pilinan seperti halnya serat kapas.
Penampang memanjang dan melintang (kiri-kanan)
Sumber gambar : Modul Tekstil


Kateristik serat rami.

Daya serap             : Sangat higrosgopis dan cepat kering
Daya Kilau             : Baik, berkilau
Efek panas             : Tahan panas
Elastisitas              : Mulur serat rami berkisar antara 2- 10% dengan rata -rata 3 -4 %
Kimia                     : Rusak dalam asam kuat, dan akan menggelembung dalam larutan alkali
Stabilitas dimensi   : Tidak mudah mengkeret
Kekuatan                 : 3-9 g/denier
Mulur                     : 2 - 10 % rata rata 3 -4 %

Penggunaan serat rami

Rami mempunyai kekuatan yang cukup tinggi, sehingga baik digunakan untuk kain kanvas, talitemali, kain jala. Untuk tekstil pakaian dengan dicampur dengan serat lain misalkan kapas atau serat sintetik
Thanks for reading Tentang Serat Rami

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »