Home » , , » Pengertian Serat Rayon sebagai serat Buatan

Pengertian Serat Rayon sebagai serat Buatan

pengertian serat Rayon
Pengertian Serat Rayon sebagai serat Buatan - Serat Rayon  adalah serat buatan yang berasal dari alam, sifatnya hambir sama dengan serat selulosa seperti serat cotton. Serat rayon viskosa merupakan serat buatan yang pertama kali dibuat tahun 1891 oleh Courtaulds Ltd., kemudian berkembang ke seluruh dunia hingga saat ini. Serat rayon viskosa adalah serat buatan yang bahan bakunya berasal dari alam yaitu kayu pohon pinus yang dibuat menjadi lembaran kertas tebal yang disebut pulp, sebelum diolah menjadi serat.  Pulp sebagai bahan baku mula-mula direndam dalam larutan NaOH 18% sehingga terjadi penggembungan dari pulp. Pulp yang telah menggembung dicabikcabik sehingga dihasilkan cabikan pulp yang disebut crumb. Crumb hasil pencabikan didiamkan dalam suatu bejana selama 1-2 hari agar terjadi reaksi sempurna dan dihasilkan crumb yang namamnya selulosa alkali. Selanjutnya selulosa alkali ditambahkan larutan karbondisulfida sehingga terjadi proses xantasi. Hasil rewaksi xatasi disebut selulosa xantat. Selulosa xantat kemudian dilarutkan dalam larutan NaOH 10% sampai dilhasilkan larutan polimer kental yang disebut larutan viskosa. Larutan viskosa kemudian dipintal dengan cara pemintalan basah sehingga dihasilkan filamen rayon viskosa.  
Rayon viskosa merupakan serat buatan yang berasal dari selulosa oleh karena itu sifatnya mirip dengan serat selulosa yang lain. Kelemahan serat rayon adalah kekuatan tarik dalam keadaan basah mengalami penurunan kekuatan yang cukup besar, karena kekurangan ini lah hanya sedikit sekali diaplikasikan pada pakaian apalagi untuk berpergian ke area gunung, pengaplikasian serat rayon biasanya hanya untuk kepentingan vintage. Belakangan ini penggunaan serat rayon viskosa biasa di gabung dengan serat sintetik lain yang memiliki kekuatan tarik yang kuat seperti polyester dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lembut dengan kekuatan yang tidak rapuh. Pengaplikasian serta rayon sudah banyak dikembangkan di dunia tekstil industry seperti pada celana denim (segaian menggunakan rayon bukan cotton), baju baju blouse dan lain lain. Sebenarnya serat rayon viskosa itu di ciptakan untuk menggantikan serat alam karena serat alam membutuhkan sumber daya alam yang cukup banyak.
Dari pengertian serat rayon sudah cukup jelas bahwa serat ini memiliki sifat yang sama dengan serat selulosa lainnya tetapi memilki kelemahan yaitu kekuatanya yang lemah apalagi jika dalam keadaan basah serat tersebut.
Berikut kateristik serat rayon viskosa
Daya serap Bersifat hidrofilik, Moisture Regain 12–13%
Efek panas
Tahan panas penyetrikaan, pemanasan yang lama menyebabkan warna menjadi kuning
Elastisitas
Elastisitas jelek, sukar untuk kembali ke semula. Kimia Lebih tidak tahan asam dibandingkan kapas
Pembakaran
Meneruskan pembakaran, terbakar habis meninggalkan abu. Stabilitas dimensi Dalam pencucian cenderung menyusut
Kekuatan
2,6 g/denier dalam keadaan bash 1,4 g/denier Mulur 15–25%


Demikian pengertian serat rayon viskosa sebagai serat buatan semoga dapat membantu sebagai referensi
Thanks for reading Pengertian Serat Rayon sebagai serat Buatan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »