Home » , , » Serat Wol

Serat Wol

Wool
Sheep
Serat wol merupakan serat alam yang berasal dari rambut biri biri atau domba, serat wool ini mengandung protein yang juga disebut dengan keratin. wool memiliki keunikan sendiri yaitu memiliki sisik yang menutupi permukaan luar,  bentuk berupa keriting dan terdapat rongga udara didalam serat tersebut oleh karenanya dapat menyerap kelembaban sehingga sering digunakan untuk pakaian hangat seperti sweater. 
sifat-sifat wool, wool merupakan gugusan dari asam amino, memiliki daya absorsi tinggi, memiliki moisture yang tinggi karena bentuknya tersebut dapat memberikan kehangatan, serat wool ini tahan terhadap basa dan tidak tahan terhadap asam, dan memiliki elasitas yang tinggi.
kualitas wol sendri tergantung dari induk domba atau biri biri, di berbagai belahan dunia terdapat domba yang berbeda dan banyak ragam macam domba oleh karena itu serat wol pun menjadi banyak ragam dan sifatnya, berdasarkan dari wol yang didapatkan ada beberapa wol yang di klasifikasikan menjadi serat wol.

1. wol Merino
wol ini berasal dari rambut domba merino yang berasal dari spanyol adapun sifat-sifatnya sebagai berikut
- serat sangat kuat, halus dan elastis. panjangnya cukup pendek yaitu antara 1-5 inchi (25-125 mm)
- Di antara serat wol yang berbeda, wol merino memiliki jumlah crimpnya dan memberikan kehangatan.
- merino ini digunakan untuk wol terbaik

2. kelas 2 
kelas ini berasal dari domba inggris, scotlandia, irlandia dan wales.
- seratnya relatif kuat halus, dan elastis pajang sekitar 2-8 inchi
- dan memiliki ejumlah skala besar dan memiliki crimp baik

3 wol kels 3
kelas domba berasal dari britania raya
- serat yang kasar dan memiliki sisik yang lebih sedikit dan memiliki panjang sekitar 4-18 inchi
- halus dan lebih berkilau
- kurang elastis dan kurang kuat

Kelas - Empat Wol: Kelas ini adalah sekelompok anjing domba kadang-kadang disebut sebagai setengah-keturunan.
  • Panjang serat sekitar 1 sampai 16 inci (25-400 mm), kasar dan rambut seperti, dan memiliki relatif sedikit sisik dan sedikit crimp.
  • Serat yang halus dan lebih berkilau.
Wol ini kurang diinginkan, dengan elastisitas dan kekuatan sedikit. Hal ini digunakan terutama untuk karpet, permadani, dan murah pakaian kelas rendah

Klasifikasi berdasarkan Fleece
Shearing, adalah proses di mana bulu wol domba dipotong. Domba umumnya dicukur dari wol mereka di musim semi, tetapi waktu shearing bervariasi di berbagai belahan dunia. Domba tidak dicuci sebelum di shearing. Mereka kadang-kadang dicelupkan ke dalam bak mandi antiseptik seperti yang ditentukan oleh hukum. Klasifikasi bulu adalah sebagai berikut:

Wol Domba:  bulu diperoleh shearing domba dari enam sampai delapan bulan untuk pertama kalinya dikenal sebagai wol domba. Hal ini juga disebut sebagai bulu wol, atau klip pertama. Seperti serat belum dipotong, ia memiliki alam, meruncing akhir yang memberikan nuansa lebih lembut.

Hogget Wol:
 Hogget wol adalah salah satu yang diperoleh dari domba tentang berusia 12-14 bulan yang belum dicukur sebelumnya. Serat-baik saja, lembut, ulet, dan dewasa, dan telah meruncing berakhir. Ini terutama digunakan untuk benang lusi.

Wol Cuaca:
 Cuaca wol adalah salah satu yang diperoleh dari domba lebih tua dari empat belas bulan. Geser ini tidak dilakukan untuk pertama kalinya dan bahkan baju hangat ini diperoleh setelah geser pertama. Wol ini mengandung banyak tanah dan kotoran.

Ditarik Wol: Menarik wol diambil dari hewan awalnya disembelih untuk daging. Wol ditarik dari melempari dari domba disembelih dengan menggunakan berbagai bahan kimia. Serat dari wol menarik adalah kualitas rendah dan menghasilkan kain kelas rendah.

Mati Wol: ini adalah wol yang diperoleh dari domba yang telah meninggal karena usia atau sengaja dibunuh. Jenis serat wol dikenal tidak harus bingung untuk menarik wol. Serat wol mati adalah jelas lebih rendah di kelas; digunakan dalam tingkat rendah kain.

Cotty Wol: Jenis wol diperoleh dari domba yang terkena cuaca buruk. Sebagaimana dibahas; kondisi cuaca buruk menghambat kualitas dari bulu yang diperoleh. The Cotty wol dari kelas miskin dan keras dan rapuh. 








Thanks for reading Serat Wol

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »