Home » , , , , , » Pengetahuan Dasar Tekstil

Pengetahuan Dasar Tekstil

pengetahuan tekstil
Untuk mengerti cara pembuatan garmen, untuk itu harus melihat kedalam tentang proses tekstil. Tekstil artinya segala baju atau kain yang dibuat dengan cara weaving/tenun atau knitting/rajut atau non woven/bukan tenun. Proses manufaktur untuk membuat tekstil jadi ada beberapa tahap proses yang perlu di lalui mulai dari pemilihan material, warna ataupun sentuhan terakhir(finishing). kain berasal dari benang, bennag berasal dari serat.
1. Serat
Serat(material terkecil) adalah bagian terkecil dari kain, halus permukaannya seperti rambut yang merupakan dasar pembuatan tekstil, serat ada dua jenis macam serat yaitu serat yang berasal dari alam(cotton, linen, viscose dll) dan buatan (poliester, nylon, spandek dll)
2. Benang
Benang adalah serat yang telah di twish (putar) bersama sama. tetapi benang juga ada yang monofilamen (satu helai serat ) atau multi filamen(beberapa helai serat)
3. Kain
Kain adalah terbuat dari benanga atau serat (yang langsung dari serat yang dinamakan non-woven) atau terbuat dari benang seperti kain knitting/rajut.
4. dyeing dan Printing
Dyeing dan Printing adalah sentuhan pemberi warna baik secara keseluruhan secara merata (dyeing) ataupun pemberian warna dengan motif (printing)
5. Finishing
Proses Finishing adalah proses atau penambahan treatmen/perlakuan yang di aplikasikan ke dalam kain sebelum penggunaan ke konsumen. proses ini ada yang secara mekanik (seperti finishing calandar) atau penambahan zat kimia tertentu untuk menambahkan sifat serat tertentu seperti penambahan zat kimia DMDHEU pada serat cotton atau viscose untuk meninggkatkan daya tahan kusut.
Thanks for reading Pengetahuan Dasar Tekstil

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »