Home » , » cara identifikasi serat

cara identifikasi serat

Cara identifikasi seratcara identifikasi serat - Rasanya sulit untuk membedakan apakah itu serat natural atau serat buatan, apalagi jaman jaman modern ini serat buatan dapat dibuat semirip mungkin dengan serat natural. untuk mengidentifikasi serat tersebut ada beberapa cara untuk mengidentifikasinya. ada beberapa test untuk melakukan test tersebut :

1. burning identification (cara membakaran)

cara ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengidentifikasi serat dengan cara membakar ujung serat dan mengamati nyala pembakaran serta baunya, walaupun uji pembakaran ini kurang akurat dalam mengidentifikasi serat karena pembakaran ini tidak bisa membedakan serat selulosa apakah itu serat rami atau serat katun. Serat alam jenis selulosa jika dibakar akan menyala dan meneruskan nyala sehingga dapat terbakar seluruhnya dan menghasilkan abu serta berbau kertas terbakar.

serat alam yang berjenis protein jika dibakar akan menyala dan tidak meneruskan nyala sehingga tidak dapat terbakar seluruhnya serta tidak menghasilkan abu dan berbau seperti rambut terbakar

serat sintetik atau serat buatan jika terbakar akan mengarang dan tidak meneruskan.

kesimpulan : cara identifikasi dengan cara membakar ( burning identification) tidak dapat mengidentifikasi secara spesifik jenis serat yang di identifikasi tetapi hanya dapat mengidentifikasi golongan serat yaitu serat alam (natural) yang berasal dari selulosa, serat alam yang berasal dari protein dan serat sintetik (serat buatan)

2. Identifiksasi dengan cara melihat penampangan serat

Cara ini dapat mengidentifikasi secara langsung jenis seratnya. caranya yaitu dengan melihat penampang melintang dan membujur serat dalam mikroskop tetapi cara ini membutuhkan alat yang lumayan mahal dan penggunaan identifikasi memerlukan keahlian khusus/pengalaman (terbiasa melakukan ini). caranya adalah dengan memotong tipis lalu di lihat di dalam mikroskop dan akan terlihat penampangnya seperti apa misalkan penampangan melintang serat katun (kapas) adalah seperti biji, poliester seperti bulatan teratur polos dan lain lainnya tergantung serat itu sendiri.

3. Dengan cara pelarutan bahan kimia.

Pada dasarnya semua serat baik serat sintetik atau serat natural memiliki sifat yang berbeda beda pula terhadap reaksi jika terkena bahan kimia, dengan adanya sifat sifat dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi apakah serta tersebut. jika serat yang tidak tahan terhadap asam misalkan, akan larut terhadap bahan kimia tersebut. 
serat katun ------akan larut dengan asam sulfat pekat
serat Rayon ---- akan larut dengan asam sulfat
Poliester      ---- akan larut atau tidak tahan dengan NaOH 45 %, Meta cresol dari DMF mendidih
Polyamida    ---- Tidak tahan terhadap asam nitrat, asam sulfat 70%, Asam klorida 1:1, meta cresol, DMF mendidih (sebagian)
Polyurethane ---- tahan terhadap pelarut (hampir semua bahan kimia serat ini tahan)



Thanks for reading cara identifikasi serat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »