Home » » Metode pencelupan kain poliester

Metode pencelupan kain poliester

metode penelupan kain poliesterMetode pencelupan kain poliester - Kain poliester merupakan kain yang berasal dari serat buatan hal ini berbeda sifatnya dengan kain yang terbuat dari serat natural. serat poliester memiliki structur kristal yang lebih banyak dibanding dengan structure yang amort berbeda dengan serat yang berasal dari serat natural. Dengan adanya perbedaan sifat ini, metode pencelupan pun harus berbeda. serta zat warna yang dipakaipun harus berbeda. serat poliester(serat buatan) memiliki structure yang lebih kristal dibanding dengan natural karena bersifat kristal(rapat -rapat) ini membuat zat warna susah masuk kedalam serat. 
Walaupun serat yang rapat dalam sususnan molekulnya tidak berarti serat ini tidak dapat di celup dengan zat warna, dengan motode yang tepat serat poliester ini dapat di celup dengan warna tua sekalipun,  ada beberapa methode untuk pencelupan serat poliester itu yaitu :

1.       Pencelupan dengan methode menggunakan zat warna yang memiliki ukuran molekul kecil
Penggunaan zat warna yang memiliki ukuran kecil adalah zat warna golongan azo benzene tetapi memiliki dispusi yang lambat, untuk membuat zat warna didalam serat, yaitu dengan mengunakan komponen yang merupakan bukan warna (tidak berwarna) untuk mendapatkan ukuran yang kecil, lalu setelah masuk kedalam serat 2 komponen tersebut bergabung sehingga mendapatkan warna yang diinginkan, itu merupakan pringsipnya untuk mendapatkan warna dengan cara menggunakan zat warna yang memiliki ukuran yang kecil.

2.      Pencelupan dengan methode bantuan zat kimia yaitu zat pengemban atau biasa disebut dengan carrier
Pada prinsipnya penggunaan carrier ini berfungsi untuk menambahkan absorsi (daya serap) zat warna ke dalam serat dan mempertinggi kelaruatan zat warna sehingga zat warna dapat tertarik kedalam serat, zat pengemban atau carrier itu sejenis senyawa fenol, amina, asam hidrocarbon, aromatic, hidrokarbon clor, ester dan eter (tergantung pengembangan industry). Mekanisme dari pencelupan ini adalah :
Untuk carrier hidrofil pertama-tama berdispusi kedalam kain (masuk kedalam kain) bergabungan dengan serat, menarik air, serat mengembang sehingga pori pori serat membesar(membuka) sehingga memungkinkan zat warna dapat masuk kedalalam serat polyester
Carrier hidrofob(tidak suka air) bersifat sebagai pelumas, berpenetrasi ke dalam serat, merusak ikatan antar molekul serat menjadi plastis mudah bergeser, hal ini kemungkinan zat warna dapat berpenetrasi(karena adanya perbedaan konsentrasi)

3.      Pencelupan dengan metode bantuan suhu tinggi.
Prinsip pencelupan dengan metode dengan bantuan energi panas. Energi panas menimbulkan gerakan aktif yang cepat pada rantai molekul serat sehingga terbentuk ruangan antar molekul yang memungkinkan zat warna berdispusi ke dalamnya selain terjadi gerakan molekul serat, zat warna pun mengalami gerakan yang cepat sehingga molekul akan masuk ke dalam serat dengan bantuan tekanan yang besar setelah selesai serat akan kembali ke bentuk semula sehingga zat warna tertahan dan tidak dapat keluar
 



Thanks for reading Metode pencelupan kain poliester

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »